Cara Pijat Batuk Agar Segera Reda

Cara pijat batuk agar segera reda dan melegakan tenggorokan cukup banyak dicari oleh masyarakat. Hal ini disebabkan, cara penyembuhan batuk dengan pemijatan tergolong aman dan cukup ampuh untuk meredakan batuk tanpa harus mengonsumsi obat-obatan. Di samping itu, banyak orang yang juga mengonsumsi obat-obatan herbal yang dibuat sendiri dari bahan alami, agar batuk segera mereda. 

Batuk merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sangat menyebalkan. Bahkan apabila batuk semakin parah dan tidak kunjung mendapatkan perawatan, batuk akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bisa jadi, batuk juga menjadi pertanda adanya suatu penyakit yang berbahaya yang menyerang tubuh kita. Oleh karena itu, mencegah atau menangani batuk sesegera mungkin adalah langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh.
baca juga artikel tentang pijat tunanetra jakarta

Cara pijat batuk


Apabila seseorang terserang batuk, maka tenggorokannya akan terasa sangat gatal, sehingga kemudian mengakibatkan batuk. Kondisi seperti ini akan sangat menjengkelkan dan mengganggu aktivitas. Batuk sendiri terdiri dari batuk kering dan batuk berdahak. Selain itu, batuk juga bisa disertai dengan sesak. Berbagai jenis batuk ini mampu disembuhkan dengan cara pijat batuk yang tergolong aman dan cukup efektif. 

Cara Pijat Batuk Kering 


Cara pijat batuk kering bisa diatasi dengan melakukan pemijatan pada titik-titik pijat atau refleksi. Titik pijat untuk batuk kering di antaranya adalah bagian pusat telapak kaki di bawah jari tengah pada kaki kiri dan kanan. Titik refleksi pada kaki kiri ditujukan untuk titik refleksi paru-paru sebelah kiri, dan titik pada kaki kanan juga untuk titik refleksi paru-paru sebelah kanan. 

Selain itu, pemijatan juga bisa dilakukan pada bagian tepi telapak tangan di bawah pangkal ibu jari. Titik ini menjadi titik refleksi tenggorokan sehingga mampu membantu meredakan batuk yang mengganggu tenggorokan. Titik refleksi tenggorokan juga terdapat pada bagian telapak tangan di bawah sela antara jari tengah dan jari manis. 

Cara Pijat Batuk Sesak 


Untuk batuk yang disertai dengan sesak nafas, titik pemijatannya adalah pada tengah telapak kaki di bawah jari tengah, bagian ujung telapak kaki di bawah pangkal jempol, serta di punggung kaki di bawah jari kedua dan keempat. Titik pijat juga bisa dilakukan di bagian ujung atas tulang dada dan ujung bawah tulang dada. Pemijatan bisa dilakukan selama 2 menit dengan pengulangan setelah jeda 5 menit. 

Cara Pijat Batuk Pilek 


Batuk dan pilek juga seringkali menyerang tubuh ketika tubuh sedang kelelahan atau ketika cuaca yang ekstrem. Ketika batuk dan pilek telah menyerang, maka tubuh akan terasa sangat lemas dan sering disertai dengan demam dan pusing. Namun, kondisi ini bisa diperbaiki dengan melakukan pemijatan pada titik refleksi pada tubuh. Titik pijat untuk batuk dan pilek di antaranya adalah di jembatan hidung di antara kedua mata, samping dua lubang hidung, serta pada bawah lubang hidung di antara bibir dan hidung. 

Bagi Anda yang terserang batuk, Anda bisa mencoba menggunakan cara pijat batuk untuk meredakannya. Pastikan juga Anda banyak mengonsumsi air putih agar metabolisme tubuh tetap seimbang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »