Teknik Foot Reflexology dan Manfaatnya


Apabila anda semuanya merasakan pegal dan lelah, pijat refleksi bisa menjadi solusi terbaik untuk anda semuanya di dalam mengatasi rasa lelah tersebut. Lain halnya dengan metode pijat maupun pijat urut biasa, pijat refleksi ini dilakukan fokus pada beberapa titik yang ada di bagian tubuh tertentu. Misalnya saja seperti kaki, tangan, serta telinga. Ahli pengobatan tradisional sudah meyakini jika titik-titik tersebut ada hubungannya dengan seluruh saraf organ internal yang ada pada tubuh anda.

Foot Reflexology termasuk salah satu metode pengobatan alternatif yang dilakukan untuk mendukung kebugaran tubuh. Caranya yaitu dengan melakukan pijatan pada  titik-titik tertentu di bagian area kaki. Para terapis juga sangat percaya, titik-titik tertentu yang ada di bagian kaki mewakili keadaan organ serta anggota tubuh anda semuanya. Selain bisa untuk menghilangkan rasa pegal, refleksi kaki ini juga mempunyai berbagai manfaat yang baik bagi tubuh.
baca juga artikel tentang pijat tunanetra cimahi

Foot Reflexology

Teknik Foot Reflexology (Refleksi Kaki)


Perlu anda ketahui, jika refleksi kaki termasuk salah satu metode pemijatan refleksi yang dinilai sangat praktis, selain itu juga memiliki banyak manfaat. Jika dibandingkan kita harus melakukan refleksi semua bagian tubuh, foot reflexology bisa lebih efektif untuk anda coba.

Pada saat melakukan refleksi kaki, terdapat berbagai macam teknik pemijatan yang dipakai. Dari mulai pemijatan biasa, sampai dengan adanya tambahan layananan akupuntur serta penekanan di titik-titik tertentu pada telapak kaki. Berikut ini adalah teknik foot reflexology yang dapat anda lakukan sendiri di rumah:

1. Menghilangkan rasa pegal di bagian kaki 

Pada saat anda beraktivitas seharian penuh memakai sepatu high heels atau sering berjalan kesana kemari, pastinya kaki anda akan terasa pegal. Dalam mengurangi rasa tidak nyaman tersebut, anda dapat mencoba memulainya refleksi kaki dari kaki yang bagian kiri.
baca juga artikel tentang pijat tunanetra palembang

Setelah itu, anda bisa duduk di kursi dengan nyaman, setelah itu letakkan kaki kiri di atas paha anda yang kanan. Pijat kesemua bagian kaki anda, mulai dari bagian tumit sampai dengan ibu jari dengan memakai jempol tangan kanan anda.

Setelah itu, anda bisa beralih ke jari-jari kaki. Pijat tiap jari kaki anda dengan memakai jempol dan jari telunjuk, menggunakan gerakan melingkar. Lalu pegang seluruh jari-jari kaki pada satu genggaman, tekuklah pada arah telapak kaki serta bagian punggung kaki dengan bergantian untuk menjadikannya lentur serta rileks.

Tahap yang terakhir, anda bisa tekan semua permukaan telapak kaki anda, selanjutnya anda bisa goyang-goyangkan. Setelah itu, akhiri dengan memutar pergelangan kaki dengan jumlah beberapa kali. Ulangi lagi gerakan tesebut di kaki kanan anda.

2. Supaya Bisa Tidur Nyenyak


Jika anda sering susah tidur, foot reflexology atau refleksi kaki bisa anda lakukan dengan menekan kedua bagian jempol kaki anda, yaitu tepat di bagian bawah ujung jempol kaki. Lalu, pijat sisa permukaan jempol agar tubuh anda bisa lebih rileks.


Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »